Bannerad

Minggu

Penemuan Kaum 'Ad

Alquran mengisahkan banyak kejadian masa lalu, berdasarkan penggalian kepurbakalaan dari para ahli, yang bahkan sebagian besarnya orang barat non-Muslim, semua informasi yang termaktub dalam Alquran itu dipastikan sangat akurat, termasuk untuk hal-hal yang amat sangat detil.


Berikut adalah ringkasan artikel tentang kebenaran (kemukjizatan) Alquran yang menceritakan tentang Kaum 'Ad. Allah SWT berfirman:


وَإِلَى عَادٍ أَخَاهُمْ هُودًا قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَهٍ غَيْرُهُ إِنْ أَنْتُمْ إِلا مُفْتَرُونَ


Dan kepada kaum Ad (Kami utus) saudara mereka, Hud. Ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Kamu hanyalah mengada-adakan saja. (QS Hud 11:50)

Pada awal 1990, koran-koran besar memberitakan “Penemuan Kota Khayalan Arab yang Hilang”, “penemuan Kota Dongeng Arab”, “Dongeng Arab”.

Adalah Nicholas Clapp, seorang ahli kepurbakalaan terkemuka menggunakan dua metode untuk memastikan keberadaan kota ubar, pertama; mengajukan permintaan pada NASA agar dapat memperoleh gambar tempat itu dari satelit. Kedua; melakukan kajian manuskrip dan peta kuno di Perpustakaan Huntington California untuk mendapatkan hasil peta daerah ini.

Hasilnya...

NASA memperoleh gambar yang memperlihatkan daerah ini, semua ternyata bisa dilihat dari langit.

Clapp membandingkannya dengan peta klasik dan terkuaklah lokasi kota dongeng tersebut.

Setelah melakukan penggalian di kawasan Ahqaf antara Ma’rib & Hadramaut ditemukan hal-hal sebagai berikut :


* Bangunannya terdiri dari tiang-tiang besar sebagai tanda istimewa Kota Ubar.

* Kota ini bundar dengan serambi bertiang bulat. Padahal kota lain yang ada di Yaman yang bisa diungkap hingga sekarang, bangunannya mempunyai tiang dengan segi empat.


Sesuai dengan Firman Allah SWT :



٦) أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِعَادٍ

٧) إِرَمَ ذَاتِ الْعِمَادِ

٨) الَّتِي لَمْ يُخْلَقْ مِثْلُهَا فِي الْبِلادِ


Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap kaum Ad? (6). (yaitu) penduduk Iram yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi(7). yang belum pernah dibangun (suatu kota) seperti itu, di negeri-negeri lain,(8). (QS. Al-Fajr 89:6-8)


Citra satelit dari salah satu satelit NASA pada tahun 1990 mengungkap sistem bendungan dan dam kuno yang dipergunakan irigasi di daerah kaum ‘Ad yang diperkirakan memenuhi kebutuhan air 200.000 orang. Ini seperti terlihat pada gambar aliran dua sungai kering di dekat pemukiman kaum ‘Ad yang dibuat oleh salah satu peneliti.



Pliny, seorang penulis Yunani klasik menjelaskan bahwa tempat tersebut memiliki tanah yang sangat subur. Gunung-gunungnya diselimuti hutan menghijau & sungai yang mengalir di bawahnya.


Ada beberapa pahatan ditemukan di salah satu kuil kuno yang dekat dengan Hadramaut yang menggambarkan hewan-hewan seperti harimau yang tidak mungkin hidup di gurun.


Hal ini Sesuai dengan Firman Allah

(QS. Al-Syuara 26:132-135)

Nabi Hud berkata pada mereka:



وَاتَّقُوا الَّذِي أَمَدَّكُمْ بِمَا تَعْلَمُونَ


Dan bertakwalah kepada Allah yang telah menganugerahkan kepadamu apa yang kamu ketahui.(132)


أَمَدَّكُمْ بِأَنْعَامٍ وَبَنِينَ


Dia telah menganugerahkan kepadamu binatang-binatang ternak, dan anak-anak,(133)


وَجَنَّاتٍ وَعُيُونٍ

dan kebun-kebun dan mata air,(134)


إِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيمٍ


sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa azab hari yang besar".(135)


Lalu kenapa sampai Kaum Ad tertimbun tanah & sampai tidak terlihat/diketahui lagi keberadaannya?

Penyebab keruntuhan peradaban ‘Ad dijelaskan oleh Majalah Prancis A M’interesse yang menyebut bahwa kota Iram atau Ubar mengalami angin disertai pasir yang mengerikan yang menyebabkan kota ini tertimbun lapisan pasir yang ketebalannya mencapai 12 meter.

Penemuan ini sesuai dengan Firman Allah :



فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ رِيحًا صَرْصَرًا فِي أَيَّامٍ نَحِسَاتٍ لِنُذِيقَهُمْ عَذَابَ الْخِزْيِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَلَعَذَابُ الآخِرَةِ أَخْزَى وَهُمْ لا يُنْصَرُونَ


Maka Kami meniupkan angin yang amat gemuruh kepada mereka dalam beberapa hari yang sial, karena Kami hendak merasakan kepada mereka (kaum “Ad & Tsamud) itu siksaan yang menghinakan dalam kehidupan dunia. Dan sesungguhnya siksaan akhirat lebih menghinakan sedang mereka tidak diberi pertolongan. (QS Fushshilat 41:16)

Begitu juga dengan posisi daerah Kaum Ad, persis seperti yang disampaikan dalam Alquran


Penjelasan lengkap mengenai ditemukannya kota Kaum Ad bisa dibaca pada salah satu artikel jilid 1 Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis tentang Kemukjizatan Fakta Sejarah.

Berikut adalah artikel yang ada pada Jilid 1 Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis :

* Keakuratan informasi ihwal Nabi Adam a.s.
* Fakta seputar banjir Nabi Nuh a.s.
* Ketepatan Alquran menentukan lokasi pemukiman Ad
* Bukti cerita Kaum Tsamud
* Penyembahan berhala pada masa Nabi Ibrahim AS
* Ka’bah pada Manuskrip modern
* Fakta soal kaum Luth
* Kaum Seba (Saba’) dan Banjir Arim
* Kisah Musa dalam Taurat dan Alquran
* Bani Israel membuat keonaran dua kali
* Fakta soal jasad Firaun
* Haman yang disebutkan dalam Alquran
* Isyarat Ilmiah dan Medis terpenting terkait Ashabul Kahfi
* Merenungkan kisah Dzulkarnain
* Fakta terkait penyaliban Isa .a.s.
* Alquran dan Peradaban masa lalu
* Bencana umat terdahulu
* Bukti kenabian Muhammad SAW
* Kabar gembira diutusnya Nabi Muhammad SAW
* Nabi, ciri ummat, dan tempat dakwah Nabi Muhammad SAW dalam Taurat

Semoga dapat menambah iman kita terhadap Alquran, karena penemuan di atas membuktikan bahwa Alquran sangat mustahil karangan manusia, tetapi benar-benar Firman atau Wahyu dari Allah SWT, sebagaimana dinyatakan dalam FirmanNya pada QS Al Hijr 15:9.
Wallahualam...